Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jasa Seo atau Iklan Google Adwords?

Jasa SEO atau Jasa Google Adwords?

jasa-seo-versus-google-adwords

Jika anda harus memilih antara jasa seo atau jasa Google Adwords, mana yang akan anda pilih?
Jasa SEO atau Jasa Konsultan Google Adwords? 

Ya, saya tahu ini mungkin bukan pertanyaan yang sulit dijawab oleh anda yang pernah merasakan manfaat dari SEO atau keuntungan dari memasang iklan Google Adwords.

Namun pertanyaan di atas boleh jadi merupakan sebuah pertanyaan yang sulit dijawab bagi anda yang sama sekali belum pernah mengalami atau bahkan belum tahu apa perbedaan di antara search engine optimization dan Google Adwords

Oleh sebab itu untuk membantu anda yang dihadapkan pada pilihan strategi internet marketing melalui SEO atau Google Adwords, pada tulisan ini saya akan berbagi tentang persamaan, perbedaan, keunggulan dan kekurangan dari SEO dan Google Adwords

Kesamaan dan Perbedaan SEO dengan Google Adwords

Dalam pandangan saya sebagai orang awam, SEO dan Google Adwords itu ibarat  becak dan taxi yang digunakan untuk mencapai satu tujuan yang sama. 

Seperti becak, SEO tentu saja sangat lamban lajunya, sedangkan Google Adwords seperti taxi atau bahkan mobil balap Formula one, dia mampu menjangkau suatu tempat dalam kecepatan tinggi.. wuzz.. wuzz..

Nah, kalau begitu berarti SEO kalah dong sama Iklan Google Adwords?

Eiit, tunggu dulu boss.. Biarpun dalam hal kecepatan becak jauh lebih lambat dari taxi, tapi bila anda menggunakan becak yang dikendarai tukang becak yang baik, bukan tidak mungkin becak yang anda kendarai bisa sampai ke tujuan lebih dulu dengan selamat.

Lho koq bisa? Ya bisa dong.. kan bisa saja supir taxi anda kurang jujur atau tidak menguasai medan dengan baik sehingga anda tersesat di jalan atau dibawa berkeliling-keliling sebelum sampai ke tujuan.

Sesampai di tujuan anda yang naik becak tersenyum lebar karena hanya mengeluarkan sedikit ongkos untuk tukang becak, sementara rekan anda yang naik taxi wajahnya cemberut karena membayar sewa taxi yang sangat mahal karena argometernya terlalu cepat dan anda dibawanya berkeliling kota.

Keunggulan dan Kekuarangan SEO dan Google Adwords

Anda jangan lantas mengira Jasa SEO lebih baik dari pada Google Adwords, sebab perumpamaan di atas adalah jika anda naik becak dengan tukang becak yang benar dan rekan anda naik taxi dengan sopir yang salah. 

You go with the right becak rider and he goes with the wrong taxi driver.. wow.. that's not fair lah.. kata orang Singapore.. he he he..

Bagaimana jika rekan anda menumpang taxi yang sopirnya baik dan anda menumpang becak yang tukang becaknya bego atau loyo?  He he he.. jawabannya anda pasti tahu sendiri lah

Dan bagaimana jika anda menumpang becak yang baik dan rekan anda menumpang taxi yang juga bagus? 

Jadi mana dong yang lebih unggul?  SEO atau Google Adwords?

Menurut pendapat saya pribadi, untuk hasil lebih optimal dalam internet marketing maka alangkah baiknya bila anda menjalankan keduanya. 

Sebab perpaduan antara SEO dan Iklan Google Adwords merupakan strategi terbaik untuk meningkatkan omzet perusahaan melalui internet marketing.