Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sertifikat Master SEO

Are there any SEO certification programs you are aware of?

Sertifikat Master SEO dari Google? Emang ada? Kalau difikir-fikir, dunia SEO di Indonesia ini memang unik, ironis dan bahkan kadang lucu. Betapa tidak, nyatanya sampai sekarang ini banyak perusahaan dan perorangan penyedia Jasa SEO yang menawarkan jasa seo murah baik dengan paket seo biasa maupun paket seo bulanan.

Konyolnya, tidak sedikit di antara penyedia jasa seo itu yang meng klaim dirinya sebagai master seo, pakar seo, ahli seo dan sebagainya lengkap dengan atribut Sertifikat SEO untuk meyakinkan calon klien (korban) nya.

Apa Kata Google Tentang Sertifikat SEO?

Tahukah anda bahwa di bidang Ilmu SEO hingga detik ini belum  ada yang namanya gelar Master SEO. Jangankah gelar Master SEO, wong sertifikat SEO nya aja belum ada koq?

Karena entah itu lembaga pemerintah, lembaga swasta atau bahkan Google sendiri pun tidak pernah menerbitkan yang namanya Sertifikat SEO baik kepada organisasi, perusahaan maupun individu.

Matt Cutts sendiri dalam sebuah video lama YouTube bertajuk "Are there any industry certification programs you are aware of?" menyebut pertanyaan itu sebagai "fun question"

Dengan tegas dia pun menyatakan bahwa:

Certification of SEOs is a lot more touchy as far as a topic. Theres a lot of SEOs that would never like to see Google offer certification of SEOs.
And then on our side, if you certified an SEO and then you found out that they were secretly changing and doing black cap stuff under the hood, that would be a really big headache as well.
So I dont think that Google has officially endorsed any SEO certification as far as I am aware of. 

Nah, lho.. you know kan what is he talking about? He he he..

Oleh sebab itu berhati-hatilah jika anda menerima email berisi penawaran jasa seo apalagi dari orang yang mengklaim dirinya sebagai Master Seo, Pakar Seo atau Ahli Seo.

Jawab saja email itu dengan pertanyaan konyol, misalnya: Anda Master SEO?
Dapat sertifikat dari mana mas?
Dari penyelenggara kontes SEO ya?
Lalu tulis deh kalimat penutup dalam huruf besar yang berbunyi:"HA HA HA !!!"