Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komentar Spam Tanya Jawab Google Map

Komentar Spam pada kolom Tanya Jawab di Google Map belakangan ini semakin marak dan mulai mengkhawatirkan khususnya bagi para pemilik usaha yang mengandalkan Google map sebagai media pemasarannya.

Betapa tidak, sebab para penipu itu nekad mencantumkan nomor telepon mereka pada komentar Tanya Jawab menggunakan akun yang seolah-olah merupakan pemilik lokasi di Google Map tersebut. Salah satu perusahaan yang listing bisnisnya di Google Map menjadi sasaran aksi spam kolom Tanya Jawab adalah penyedia Rental AC di Jakarta Timur ini.

spam tanya jawab google map

Seperti nampak pada screenshot di atas, si penipu itu menyamar sebagai AKUN PEMILIK dan nekad mencantumkan nomor WA nya dalam jawaban atas pertanyaan salah satu pengunjung lainnya. 

Cara Menghapus Spam di Google Map

Walaupun kecil kemungkinan orang menghubungi nomor WA penipu yang disebar pada Tanya Jawab Google Map, tapi pemilik bisnis sebaiknya tidak mengabaikannya begitu saja. Sebab berdasarkan informasi dari berbagai sumber, sudah banyak orang yang terkecoh dan menjadi korban penipuan mereka.

Lalu bagaimana cara menghapus komentar spam berisi nomor telepon para penipu itu? 

Berdasarkan pengalaman saya sebagai relawan Google Local Guide, kita sebenarnya bisa melaporkan komentar spam atau ulasan negatif yang terindikasi melanggar kebijakan penggunaan Googe Maps.

Caranya yaitu dengan mengklik icon tiga titik di sisi kanan profil pengguna tersebut lalu pilih "Laporkan" seperti nampak pada gambar screenshot di bawah ini

Cara melaporkan komentar spam tanya jawab Google Map

Setelah itu akan muncul kotak dialog yang berisi pertanyaan: "Apa yang ingin Anda laporkan." 

Di bawahnya terdapat pilihan:

  • Menyinggung, penuh kebencian, atau seksual vulgar
  • Masalah hukum
  • Masalah Privasi
  • Kualitas buruk, dan
  • Pelanggaran kebijakan lainnya

Pilihlah opsi "Pelanggaran kebijakan lainnya" lalu klik atau tap tombol "KIRIM" di bagian bawah kotak dialog itu, seperti gambar screenshot ini

Cara melaporkan profil Google Local Guide Nakal

Agar laporan kita lebih cepat diproses, sebaiknya minta bantuan saudara, teman-teman atau karyawan Anda untuk ikut melaporkan akun Google penipu itu. Caranya yaitu dengan menekan icon share di sebelah kanan profilnya seperti screenshot di bawah ini

Cara Share URL Profil Google Local Guide

Setelah itu sorot dan salin URL profil Google Local Guide nya lalu tempel pada pesan WA yang mau anda bagikan. Untuk lebih jelasnya silahkan simak video berikut ini:

Anda tidak perlu heran jika komentar spam yang sudah anda laporkan itu masih terlihat. Seperti ulasan negatif, spam jawaban juga tidak akan serta merta dihapus Google setelah kita laporkan. Tapi biasanya semakin banyak orang yang melaporkan, semakin cepat jawaban spam itu dihapus Google.

Ciri Khas Profil Penipu

Profil Google yang dipakai penipu pada umumnya memiliki ciri khas yang sangat mudah untuk kita kenali. Ciri khas itu adalah :

  1. Profilnya menggunakan nama samaran seperti: Akun Pemilik, Pemilik Bisnis, Pemilik Resmi dan sebagainya.  Nama profil kadang berubah-ubah mungkin menyesuaikan dengan profil bisnis asli yang menjadi target mereka.
  2. Photo profil palsu. Sama seperti nama profilnya, foto profil mereka juga sering berubah-ubah
  3. Kontribusinya hanya berupa jawaban berisi nomor WA pada kolom Tanya Jawab. 
  4. Status profil mereka kebanyakan bukan merupakan Google Local Guide, tapi ada juga yang masih aktif bahkan dengan level cukup tinggi, seperti yang satu ini https://maps.app.goo.gl/xojLnvrhML8aTpQG6

Kesimpulan

  • Banyaknya aksi vandalisme pada kolom Tanya Jawab memang menunjukkan kekurangan yang sangat rawan untuk dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. 
  • Siapa pun bisa meraih level tinggi sebagai Google Local Guide meskipun hanya dengan memberikan jawaban ngawur pada kolom Tanya Jawab Google Maps.
  • Ulasan Negatif dan Komentar Spam pada kolom Tanya Jawab Google Map tidak akan otomatis dihapus meskipun sudah dilaporkan
  • Akun pengguna Google yang disalahgunakan untuk melakukan penipuan akan tetap aktif meskipun sudah dilaporkan melanggar kebijakan Google.

Catatan:

  • Artikel ini boleh di copy paste untuk diposting ulang pada blog lain dengan syarat mencantumkan URL postingan ini sebagai sumber aslinya. 
  • Anda juga boleh membagikan URL pendek ini https://s.id/tanyajawab-googlemap ke group WA, Facebook atau media sosial lainnya tanpa harus meminta izin.