Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Algoritma Google Florida

Update Google Florida

Google Florida adalah pembaruan algoritma yang pertama kali diluncurkan Google pada 16 November 2003. Google Florida merupakan pembaruan yang benar-benar menghantam komunitas Jasa SEO seluruh dunia pada saat itu. Kedatangannya bagaikan badai tornado yang sering terjadi di Florida. 

Tak pelak, pembaruan besar ini membuat hasil penelusuran Google berubah-ubah sehingga membingungkan terutama para pemain Black Hat SEO. Ketika selesai, hasil penelusuran Google bahkan sama sekali berbeda dengan sebelum pembaruan Google Florida.

algoritma google florida

Google Florida memang merupakan sebuah pembaruan algoritma pertama yang menjadi awal dari peluncuran pembaruan besar berikutnya pada satu dekade. 

Awal Perubahan SEO

Pembaruan Google Florida memang membawa perubahan besar dalam dunia SEO. Jika sebelumnya hasil penelusuran Google dapat dengan mudah diakali dengan teknik keyword stuffing, sejak waktu itu tidak lagi. Begitu juga dengan teknik penggunaan banyak situs dengan merk yang sama, teks dan tautan tersebunyi, hilang sudah.

Google Florida memulai strateginya dengan "uji filter" yang memperbarui minat pada situs web Scroogle (sekarang tidak berfungsi). Hal ini menyebabkan para praktisi SEO pada waktu itu berlomba  untuk mencari tahu tentang apa yang terjadi.

Kecaman Para Pengecer

Sebelum Florida diluncurkan, banyak pengecer mengandalkan hampir sepenuhnya pada afiliasi untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web mereka. Setelah Florida, banyak pengecer besar dan kecil mengalami penurunan lalu lintas yang signifikan tepat pada waktunya untuk musim liburan.

Beberapa pengecer kecil bahkan gulung tikar dan mengancam akan menuntut. Jeritan itu begitu keras sehingga Google berjanji untuk mencoba tidak pernah meluncurkan pembaruan signifikan sebelum liburan lagi. Google menepati janji tidak resmi itu hingga tahun 2010. Itu mereka lakukan ketika meluncurkan pembaruan Penguin pada bulan November dan Desember.