Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ganti Domain, Siapa Takut?

Ganti domain nggak ya? Itulah pertanyaan yang terbersit di benak saya waktu menemukan domain jasaseo.net yang sebenarnya saya inginkan sejak awal membuat blog ini.

jasa-seo.net



Pasalnya kalau melihat Domain Authority, Page Authority maupun Spam Score nya, domain jasa-seo.net sedikit lebih baik daripada jasaseo.net. Tapi setelah saya pertimbangkan lebih matang, akhirnya saya putuskan untuk ganti domain, biarpun dengan resiko peringkat blog ini akan merosot tajam pada SERP Google. 

Resiko Ganti Domain

Yang namanya mengganti domain suatu blog atau website memang sangat besar pengaruh dan resikonya. Selain peringkatnya akan jatuh secara drastis, penggantian domain juga beresiko hilangnya traffic dari situs-situs yang selama ini menjadi backlink sekaligus pemasok traffic.

ganti domain

Siapa Takut?

Salah satu penyebab de-index nya suatu domain adalah terjadinya broken link secara masif. Tapi sebagai praktisi Jasa SEO tentunya hal sepele semacam ini bukanlah masalah serius yang perlu dikhawatirkan. 

Apalagi blog ini kebetulan menggunakan CMS Blogger yang sangat mudah untuk mengatasi masalah broken link akibat pergantian domain. 

Justru dengan pergantian domain inilah saya bisa mendapatkan tambahan traffic dari backlink domain baru yang pernah dipakai pemain SEO lainnya.  

Jadi kalau memang ada domain yang lebih baik, ganti domain aja, siapa takut?

Re-branding

Lalu apa maksud dan tujuan saya meng ganti domain blog ini dengan domain jasaseo.net yang skor spam justru lebih tinggi?  

Ini pertanyaan bagus. Alasannya simple saja, yaitu: 

  1. Re-branding 
  2. Mencegah hilangnya pengunjung yang salah ketik domain jasa-seo.net dengan jasaseo.net